Sabtu, 12 April 2014

Cerita Memory

By Ramazayn   Posted at  09.16   Psikologi No comments

Kuliah Online
Google Hangouts

Ada yang berbeda di pertemuan ke-5 kali ini. Yaitu Ibu Filia mencoba untuk melakukan perkuliahan online. Untung saja saya belum menyetop angkot untuk pergi ke kampus. Karena saya hanya punya koneksi internet di rumah, kalau mengandalkan wifii fakultas kurang terjamin. Dan keputusan saya untuk online di rumah adalah tepat, karena jaringan speedy di rumah saya tetap stabil. Berhubung fasilitas G-Hangout cukup berat apalagi diakses 60 orang secara bersamaan, cukup membuat nge-lag untuk beberapa orang.

MEMORY
Materi minggu ini adalah “Memory”. Menurut para ahli anatomi syaraf dan ahli susunan kimia syaraf, neuron berfungsi melakasanakan pekerjaan utama otak, “merambatkan” getaran dari syaraf pancaindera yang tersebar di sekujur tubuh. Bagian itulah yang membuat manusia mampu mengingat dan menganalisa sesuatu.
Menurut Richard Atkinson dan Richard Shiffrin (dalam Matlin, 1998), ingatan disimpan dalam tiga sistem penyimpanan informasi, yaitu memori sensori (sensory memory), memori jangka pendek (short term memory), dan memori jangka panjang (long term memory).

1.    1.  Memori sensoris àadalah ingatan yang berkaitan dengan penyimpanan informasi sementara yang dibawa oleh pancaindera. Memori Sensoris adalah informasi sensoris yang masih tersisa sesaat setelah stimulus diambil. Jadi, di dalam diri manusia ada beberapa macam sensori-motorik, yaitu sensori-motorik visual (penglihatan), sensori-motorik audio (pendengaran), dan sebagainya.  Memori sensorik cukup pendek, dan biasanya akan menghilang segera setelah apa yang kita rasakan berakhir. Jenis Sensory Memory ada 2, yaitu Iconic Memory (isual/Penglihatan) dan Echoic Memory (Audio/Pendengaran).
          Sebagai contoh, ketika anda melihat. Kita melihat ratusan hal ketika berjalan selama beberapa menit. Meskipun perhatian tertuju oleh sesuatu yang anda lihat, itu segera terlupakan oleh sesuatu yang lain yang menarik perhatian anda di antara sekian banyak yang ditangkap indera penglihatan.
Contoh tersebut kaitannya adalah ke Iconic Memory.

2.   2.   Short-term memory atau working memory 
à adalah suatu proses penyimpanan memori sementara, artinya informasi yang disimpan hanya dipertahankan selama informasi tersebut masih dibutuhkan. Ingatan jangka pendek adalah tempat kita menyimpan ingatan yang baru saja kita pikirkan. Ingatan yang masuk dalam memori sensoris diteruskan kepada ingatan jangka pendek. Ingatan jangka pendek berlangsung sedikit lebih lama dari memori sensoris, selama anda menaruh perhatian pada sesuatu, anda dapat mengingatnya dalam ingatan jangka pendek. Dari ingatan jangka pendek ini, ada sebagian materi yang hilang, sebagian lagi diteruskan ke dalam ingatan jangka panjang.
           Jumlah informasi yang bisa disimpan dalam memori jangka pendek sangat terbatas. Hanya lima hingga sembilan informasi saja yang dapat berada dalam memori jangka pendek sekaligus. Setiap kali anda memberikan perhatian ke informasi baru yang berasal dari memori sensorik, anda harus mendorong keluar sesuatu yang telah anda perhatikan sebelumnya.
           Misalnya, jika ada sesuatu yang mengganggu konsentrasi anda ketika berlatih mengulang nomor telepon sebelum informasi nomor tersebut mencapai ke memori jangka panjang, maka informasi akan terlempar keluar dan anda harus melihat dan  mengingat kembali.

3.    3.  Long term memory
à adalah suatu proses memori atau ingatan yang bersifat permanen, artinya informasi yang disimpan sanggup bertahan dalam waktu yang sangat panjang. Kapasitas yang dimiliki ingatan jangka panjang ini tidak terbatas. Memori jangka panjang adalah gudangnya informasi yang dimiliki oleh manusia. Ingatan jangka  panjang berisi informasi dalam kondisi psikologis masa lampau, yaitu semua informasi yang telah disimpan, tetapi saat ini tidak sedang dipikirkan.
Artinya, kita bisa kita munculkan kembali saat kita menginginkannya.
              Contohnya adalah  ketika seseorang yang anda sayangi pergi dari sisi anda, mungkin anda akan mengingat kembali kenangan-kenangan yang tersimpan dalam memori jangka panjang Anda. Anda dapat mengingat dengan sangat detil bahkan tanpa Anda sadari bahwa Anda telah menyimpan informasi tersebut. Anda mungkin mengenang tempat di mana Anda menghabiskan waktu dengan orang tersebut dengan mengingat pemandangan, bau dan bahkan perasaan dengan sangat akurat.

Menurut saya, perkuliahan online tersebut cukup menarik, karena ini merupakan pengalaman pertama saya. Ya, walaupun ditemukan banyak kendala di masalah jaringan yang lambat karena diakses orang banyak secara bersamaan. Di akhir perkuliahan, Ibu Filia menginstriksikan kami dalam perkuliahan online untuk mengutarakan pendapat kami mengenai Jenis memory dalam psikologi beserta contohnya. Dan jawaban saya adalah seperti ini :





author

About the Author

Banggalah karena sesuatu yang kau perjuangkan. Tetapi kebanggaan dapat membuat pertahananmu lemah. Keep it balance.
View all posts by: Ramadan Siregar

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Cerita Random. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.