Rabu, 18 Juni 2014

Review Hasil Presentasi

By Ramazayn   Posted at  07.01   Teori No comments

Review Perkuliahan
Saatnya Review

Memori Manusia
›Ada tiga bagian yang terdapat dalam otak manusia:
a.       cerebrum (bagian atas otak)
b.      cerebellum (benda kecil yang mengatur pusat susunan syaraf utama dan gerak tubuh kita)
c.       batang otak
Menurut para ahli anatomi syaraf dan ahli susunan kimia syarafneuron berfungsi melaksanakan pekerjaan utama otak, “merambatkan” getaran dari syaraf pancaindera yang tersebar di sekujur tubuh. Bagian itulah yang membuat manusia mampu mengingat dan menganalisa sesuatu.
Ingatan
Ingatan (memory) :
 Merupakan kemampuan untuk menerima dan memasukkan (learning), menyimpan (retention) dan menimbulkan kembali apa yang pernah dialami (remembering).
Istilah lain : 
Memasukkan (encoding), menyimpan (storage), menimbulkan kembali (retrieval).
Macam - Macam  Ingatan
1.       Sensory   memory
Sensory memory à tempat pemberhentian pertama kali, ketika informasi masuk memori.
Informasi tersebut diterima alat indera terutama suara dan image visual setelah stimulus visual, lalu disimpan secara cepat.
Visual sensory memory atau Iconic memory tempat penyimpanan informasi dari mata di otak,  akan hilang kira-kira dalam 1/2 detik
Walaupun sangat singkat, kita dapat memilih hal-hal yang relevan yang akan diteruskan ke tingkat ke dua memori yaitu short term memory untuk proses selanjutnya

Sensory memory mengacu pada kondisi awal, perekaman informasi sementara di sistem sensor.
Jenis sensory memory :
-          Iconic memory yang mengacu pada keberadaan informasi pengelihatan
-          Echoic memory merupakan istilah untuk fenomena yang sama, namun dialami oleh indra pendengaran.
Sistem sensory memory umumnya berfungsi di luar kesadaran dan menyimpan informasi untuk waktu yang singkat.
Iconic memory hanya bertahan kurang dari satu detik, dan echoic memory bertahan lebih lama yaitu sekitar 3-4 detik.
Informasi dalam sensory memory akan hilang kecuali informasi tersebut menarik perhatian kita dan memasuki areal working memory. 

Iconic  memory
        »Sifatnya transitori (tidak menetap)
        »Bertahan hanya ½ detik
        »Akurat
        »Mempunyai kapasitas untuk menjumlah informasi
        »Bersifat independen (bebas) dari kontrol individu
»Kapasitas penyimpanan kira-kira 9 item. 

2.       Short term memory 
Kemampuan otak untuk menyimpan informasi secara sementara
Working memory yang saat ini lebih banyak digunakan untuk sistem yang lebih luas, yaitu penyimpanan, manipulasi, dan penggunaan informasi yang tersimpan itu sendiri.
Working memory memiliki keterbatasan yang mendasar, yaitu hanya dapat menyimpan informasi yang terbatas pada suatu waktu.
Secara individu kapasitas working memory sesorang berbeda satu dengan lainnya. Kapasitas working memory juga bervariasi terhadap umur, seorang anak yang tumbuh dewasa akan berkembang juga kapasitas working memory-nya dan kemudian menurun kembali di usia tua. Kapasitas working memory seringkali dikaitkan dengan intelegensitas (sebagaimana yang diukur dalam uji kecerdasan). Sehingga semakin besar kapasitas working memory sesorang, maka semakin cerdaslah dia.

Misal  : saat seseorang memghitung 35x6 mungkin orang itu akan mengalikan 5 dengan 6 dulu dulu baru kemudian 30 x 6.
›Untuk membentuk perhitungan seperti diatas diperlukan penyimpanan sementara untuk digunakan kembali kemudian.
›Kapasitas memori kecil/terbatas 

3.       LONG  TERM  MEMORY 
Pada umumnya digunakan untuk menggambarkan sistem dalam otak yang menyimpan banyak informasi yang secara relatif memiliki dasar yang berkelanjutan, seperti ketika sesorang bermain bola, ingatan akan menu makan siang kemarin, siapa saja mantan pacar, menyanyikan lagu favourit, informasi semacam itu dan keterampilan, disimpan di dalam long-therm memory.
Memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama.
Merupakan tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman,  urutan perilaku, dan segala sesuatu yang diketahui. 
Tujuan sebuah informasi dimasukkan ke dalam memori jangka panjang adalah untuk Anda ingat selamanya.
Ingatan yang telah tersimpan dalam ingatan jangka panjang bisa anda munculkan kembali saat Anda menginginkannya.
Misal : Ketika seseorang yang anda sayangi pergi dari sisi anda, mungkin anda akan mengingat kembali kenangan-kenangan yang tersimpan dalam memori jangka panjang Anda. Anda dapat mengingat dengan sangat detil bahkan tanpa Anda sadari bahwa Anda telah menyimpan informasi tersebut. Anda mungkin mengenang tempat di mana Anda menghabiskan waktu dengan orang tersebut dengan mengingat pemandangan, bau dan bahkan perasaan dengan akurasi yang mengejutkan. 

Perkembangan  teori  memori
Short term memory atau working memory hanya mampu menyimpan informasi relatif sedikit (max. 7 digit) dan dalam waktu yang relatif pendek. Misalnya nomor telpon yang baru kita peroleh dari buku telpon
Prospective memory : menyimpan informasi tentang apa yang harus kita kerjakan pada waktu-waktu tertentu. Short term memory dan prospective memory kekuatannya menurun seiring dengan bertambahnya umur.
Episodic memory : menyimpan peristiwa-peristiwa yang secara pribadi kita alami. Mis : dengan siapa kita main catur.
Implicit memory : menyimpan peristiwa-peristiwa yang tidak bisa diuraikan dengan kata-kata Misalnya : cara mengendarai sepeda.
Semantic memory : menyimpan pengetahuan umum yang abstrak misalnya arti kata-kata. Implicit dan semantic relatif tidak mudah hilang walaupun umur sudah tua. 
Flasbulb memory : tipe memori yang sifatnya khusus, yang terbentuk ketika suatu peristiwa singkat yang sifatnya “surprise” dan mengagetkan tinggal dalam memori dan dengan jelas menggambarkan detail dan konteks dari peristiwa tersebut. 
KELUPAAN/LUPA
-          Teori Atropi : atau sering disebut dengan teori disense atau teori disuse. Lupa disebabkan karena jejak-jejak ingatan (memory traces) lama tidak ditimbulkan kembali, sehingga memory traces makin lama makin mengendap.

-          Teori Interferensi : lupa disebabkan karena memory traces bercampur satu sama lain. Interferensi proaktif : informasi lama mengganggu informasi baru. Interferensi retroaktif : informasi baru mengganggu informasi lama  

author

About the Author

Banggalah karena sesuatu yang kau perjuangkan. Tetapi kebanggaan dapat membuat pertahananmu lemah. Keep it balance.
View all posts by: Ramadan Siregar

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Cerita Random. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.